RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
IDENTITAS
Mata
Pelajaran :
BIOLOGI
Kelas :
XI IPA
Semester :
2 (DUA)
Pokok Bahasan :
Sistem Pencernaan Manusia.
Sub Pokok Bahasan :
Struktur dan fungsi alat-alat
pencernaan makanan.
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
B.
STANDAR KOMPETENSI
Siswa mampu menjelaskan struktur dan
fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin
terjadi, serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan
masyarakat.
C.
KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada
manusia.
D.
INDIKATOR
Kognitif:
Produk
1. Menyebutkan struktur alat pencernaan makanan pada
manusia ( Hukum ; tanggung jawab,disiplin, peduli)
2. Menunjukkan
bagian-bagian struktur
alat pencernaan berdasarkan gambar (Hukum; tanggung jawab,disiplin, peduli)
3. Menyebutkan fungsi alat pencernaan makanan pada manusia (Hukum; tanggung jawab,disiplin, peduli)
Proses
Mendiskusikan tentang struktur dan fungsi alat pencernaan makanan.(.Sosiologi; adil, jujur,mandiri) .
Psikomotor
Mempresentasikan hasil
diskusi tentang struktur dan fungsi alat pencernaan makanan.(Politik; jujur, berani)
Afektif:
a.
Karakter
Menunjukan perilaku berkarakter, meliputi:
teliti, jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman
b.
Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial,
meliputi: bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik,
komunikasi
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Produk
1. Siswa mampu mendeskripsikan
tentang stuktur alat-alat pada sistem pencernaan makanan manusia
secara mandiri sesuai deskripsi yang ada pada kunci LP produk
2. Berdasarkan gambar siswa mampu menghubungkan alat dan fungsinya pada pencernaan makanan manusia secara
mandiri sesuai deskripsi yang ada pada kunci LP produk.
Psikomotor
Siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan mencatat pada lembar kegiatan sesuai dengan materi yang diberikan.
Afektif
Karakter
Selama proses pembelajaran berlangsung,
dilakukan pengamatan apakah siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam
perilaku berkarakter,
meliputi: Teliti,
jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman sesuai dengan lembar pengamatan perilaku berkarakter.
Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran berlangsung, dilakukan
pengamatan apakah siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam
keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbang ide atau pendapat,
menjadi pendengar yang baik, komunikasi sesuai
dengan lembar pengamatan keterampilan social
F.
MATERI AJAR
ALAT-ALAT
PENCERNAAN MAKANAN
1.
Mulut


2.
Gigi

3.
Lidah


4.
Kerongkongan



5.
Lambung

Gerak Peristaltik Lambung

6.
Usus Halus


7.
Usus Besar dan Anus


G.
METODOLOGI PENGAJARAN
a.
Pendekatan : Pendekatan konsep
b.
Strategi : Contextual Teaching and Learning (CBSA dan mengerjakan BKPD).
c. Model :
Cooperative Learning type NHT
Metode : Diskusi Informasi, tanya jawab dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Diskusi imformasi tentang alat dan fungsi sistem
pencernaan makanan.
|
· Siswa mengamati slide show pada power point.
·
Dengan
diskusi siswa memahami tentang alat
dan fungsi sistem pencernaan makanan.
|
Siswa membuat power
point tentang alat-dan fungsi pencernaan makanan pada manusia.
·
Siswa
mengerjakan
BKPD hal 8-11
|
Sumber Pembelajaran :
Sumber Belajar : LKPD, Kunci LKPD , Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan
Sosial, Silabus
Alat Belajar : LCD dan laptop (kalau ada).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan : 10 menit
Ø Melakukan apersepsi tentang pernapasan
pada hewan yang telah dipelajari sebelumnya
Ø Memberikan motivasi berkaitan dengan pernapasan
pada manusia dengan mengajukan pertanyaan misalnya apa beda antara pernapasan
dada dan pernapasan perut? Selanjutnya guru melakukan
tanya jawab tentang pernapasan
pada manusia.
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran. (Fase 1
MPK: Menyampaikan
tujuan dan memotivasi peserta didik).
Kegiatan Inti : 60
menit
Ø Dengan tanya jawab memfasilitasi peserta didik dalam menemukan konsep pernapasan. Selanjutnya, menyajikan
informasi berupa pernapasan pada manusia dengan mengacu pada LKPD pernapasan pada manusia (Fase 2 MPK: Penyampaian
Informasi).
Ø Mengorganisasikan peserta didik dalam
kelompok kooperatif, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. Selanjutnya membagikan LKPD kepada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan
LKPD, guru meminta kepada peserta didik untuk peduli membantu guru membagikan LKPD (Fase 3 MPK: Pengelompokkan peserta didik).
Proses Eksplorasi
(penggalian, penjajakan) : 20 menit
Ø Membimbing peserta didik menyebutkan struktur alat pernapasan pada manusia dengan mengacu pada LKPD dan meminta
peserta didik yang pandai untuk peduli
dengan cara membantu
teman yang memerlukan bantuan dan menyumbangkan
ide/pendapat (Fase 4 MPK: Membimbing kelompok bekerja dan belajar = eksplorasi).
Ø Membimbing peserta didik menyebutkan fungsi alat pernapasan pada manusia dengan mengacu pada LKPD dan meminta peserta didik
untuk peduli dan bekerja sama dengan temannya dan menyumbangkan
ide/pendapat (Fase 4 MPK: Membimbing kelompok bekerja dan belajar = eksplorasi).
Ø Membimbing
peserta didik menjelaskan perbedaan
antara respirasi luar dan respirasi dalam dengan mengacu pada LKPD dan meminta
peserta didik untuk peduli dan bekerja
sama dengan temannya (Fase 4 MPK: Membimbing kelompok bekerja dan belajar = eksplorasi).
Ø Membimbing peserta didik menjabarkan perbedaan antara pernapasan dada dan
pernapasan perut dengan
mengacu pada LKPD dan meminta peserta didik untuk peduli dan bekerja
sama dengan temannya (Fase 4 MPK: Membimbing kelompok bekerja dan belajar = eksplorasi).
Proses Elaborasi (pendalaman, perluasan materi) : selama 20 menit
Ø Meminta salah satu kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain menanggapi sebagai
proses validasi. Peserta
didik yang menunjukkan sikap menghargai pendapat teman dan menyumbangkan
ide/pendapat segera diberi pujian sebagai umpan balik agar karakter
ini diikuti peserta didik lain. Peserta didik yang mencela ide teman secara
tidak santun segera diingatkan agar tidak ditiru temannya (Fase 5 MPK : Evaluasi = elaborasi).
Proses Konfirmasi
(pembenaran, penegasan, pengesahan) : selama 15 menit
Ø Membimbing
kelompok menarik kesimpulan tentang struktur, fungsi, dan proses pernapasan pada
manusia dengan mengacu pada LKPD . Peserta didik perlu diingatkan agar tetap mengutamakan menghargai pendapat teman dan menjadi mendengar pendengar
yang baik saat ada perbedaan pendapat dalam menarik kesimpulan (Fase 4 MPK: Membimbing
kelompok bekerja dan belajar = konfirmasi).
Ø Memberikan pertanyaan atau tes berupa
resitasi/umpan balik/ evaluasi secara lisan dan dilakukan terhadap peserta
didik secara acak (Fase 5 MPK : Evaluasi = elaborasi).
Ø Memberikan penghargaan kepada individu dan
kelompok yang berkinerja baik dan amat
baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut (Fase 6 MPK : Memberikan
penghargaan).
Kegiatan
penutup : 20
menit
Fase 3 : Individual quizzes : menentukan IP (Improvement Point)
· Refleksi : guru membutiri ulang,
menyebutkan lagi apa yang dipelajari, merangkum/menyimpulkan materi yang baru
dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerjakeras,
Kreatif, Rasa ingintahu, Cinta Tanah air, Menghargaiprestasi, Bersahabat,
Cintadamai, Gemarmembaca, Tanggungjawab.);
· Umpan balik : melakukan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
dengan melakuka tes individual. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerjakeras, Kreatif, Rasa ingintahu, Cinta Tanah air,
Menghargaiprestasi, Bersahabat, Cintadamai, Gemarmembaca, Tanggungjawab.);
. Selama 10 menit.
Fase 4 :
Individual Improvement Scores :
penyekoran IP berdasarkan selisih test score dengan base score
a. Menentukan IP berdasarkan selisih antara
tes akhir dengan tes awal sebagai dasar menentukan kategori tim.
Fase 5 : Team recognition : penghargaan tim (selama 10 menit)
a. Memberikan penghargaan kepada setiap
kelompok belajar berdasarkan kategori tim.
b. Proyeksi : mengaitkan, merencanakan,
menghubungkan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut berupa
pembelajaran remedial /program pengayaan
d. .Memberikan penugasan terstruktur (PT) secara individual dan dikumpulkan
pada minggu berikutnya . (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerjakeras, Kreatif, Rasa ingintahu,
Cinta Tanah air, Menghargaiprestasi, Bersahabat, Cintadamai, Gemarmembaca,
Tanggungjawab.);
H.
PENILAIAN
Dalam kegiatan pembelajaran penilaian
meliputi 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal yang dinilai antara lain:
1.
Penilaian individual
2.
Penilaian kelompok
3.
Penilaian hasil kerja
4.
Tagihan / instrumen:
a. Ulangan harian / post test : Terlampir
b. Minat belajar / afektif :
Terlampir
c. Kemampuan melakukan presentasi (diskusi) /
psikomotorik : Terlampir.
Evaluasi dilakukan dengan menggunakan
format LP: Produk, LP : Proses, LP : Lembar pengamatan karakter dan LP : Lembar pengamatan keterampilan sosial (terlampir).
A.
ALAT PENILAIAN : Terlampir
B.
PROSES
v Penilaian Afektif :
Penilaian selama KBM berlangsung
v Penilaian Psikomotorik : Penilaian selama KBM berlangsung
v Penilaian Kognitif :
Test individual
1. Teknik Penilaian
· Aspek kognitif
Penilaian pengetahuan siswa
mengenai materi yang dibahas secara
individual.
· Aspek afektif
Penilaian sikap siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran, dan kejujuran siswa dalam mengerjakan soal yang
diberikan.
· Aspek psikomotorik
2.
Bentuk Penilaian
Test tertulis
I.
PROGRAM TINDAK LANJUT
1.
Program Remedial
Dilaksanakan sebanyak dua kali sampai
memenuhi KKM yang telah ditetapkan.
2.
Program Pengayaan
Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran
internet mempelajari tentang
alat-alat pada sistem
pencernaan manusia.
J.
LAMPIRAN
1.
LKS
2.
Aspek penilaian afektif
3.
Aspek penilaian psikomotorik
4.
Portofolio / hasil laporan
diskusi
Ulangan
harian / post test / aspek kognitif
Untuk menilai
ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti
berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
LP
: PRODUK + KUNCI
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan tepat
.
1.Sebutkan urutan-urutan saluran pencernaan makanan pada manusia.(skor; 4)

1.
Perhatikan gambar tunjukkan struktur dan fungsi organ yang sesuai dengan
label. (skor ; 3)
2.
Bagian yang berlabel x pada gambar disamping menunjukkan
tempat penghasil ...(skor;3)
KUNCI LEMBAR PENILAIAN 1 : PRODUK
No soal
|
Kunci Jawaban
|
Ranah kognitif
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||
1
|
Mulut- kerongkongan-faring-lambung-usus halus-usus besar-rektum-anus.
|
x
|
|
|
|
|
|
2
|
x. lambung.fungsi mencerna makanan secara kimia dan mekanik.
y. pankreas fungsi menghasilkan getah pankreas
z. usus besar fungsi membentuk dan menyimpan feses
|
x
|
|
|
|
||
3
|
Lambung-pepsinogen
|
x
|
|
|
|
LP : PROSES
Format Asesmen Kinerja Proses
Petunjuk:
1. Penentuan skor kinerja mengacu pada Format
Asesmen Kinerja di bawah ini.
2. Berikan format ini kepada siswa sebelum
asesmen dilakukan.
3. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka
sendiri dengan menggunakan format ini.
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh Guru
|
|||
1
|
Mendiskusikan
dengan anggota kelompok untuk menjawab LKS
|
25
|
|
|
2
|
Menjawab
semua pertanyaan yang ada di LKS
|
25
|
|
|
3
|
Mengerjakan LKS dengan penuh tanggung jawab
sebagai tugas bersama
|
25
|
|
|
4
|
Bekerja
di kelompok masing-masing
|
25
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
LP : PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
Hari / Tanggal : ……………………
Sekolah : SMA Negeri 1 Banjarmasin
Kelas :
...............................
Mata pelajaran :
Biologi
Materi : Sistem Pencernaan makanan.
Sub Materi :
Kurikulum acuan :
KTSP
Alokasi waktu :
2 JP (2 x 45 menit)
No.
|
NAMA
|
L/P
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
Rata-Rata
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek yang
diamati: Kriteria
skor
.
A = Teliti 1 = kurang (≤ 60)
B = Jujur 2
= sedang (> 60 - ≤ 80)
C = Peduli 3
= baik (> 80 - ≤ 90)
D = Bertanggung
jawab 4 = sangat baik (> 90 - ≤ 100)
E = Bekerja
sama
F = Menghargai
Pendapat Teman
LP : PENGAMATAN PERILAKU KETERAMPILAN SOSIAL
Hari / Tanggal : ……………………
Sekolah : SMA Negeri 1 Banjarmasin
Kelas :
...............................
Mata pelajaran :
Biologi
Materi : Sistem Pencernaan makanan.
Sub Materi :
Kurikulum acuan :
KTSP
Alokasi waktu :
2 JP (2 x 45 menit)
No.
|
NAMA
|
L/P
|
A
|
B
|
C
|
D
|
Rata-Rata
|
Keterangan
|
Keterangan:
Aspek
yang diamati: Kriteria skor:
A= Bertanya 1 = kurang (≤ 60)
B= Menyumbang ide atau pendapat 2 = sedang (> 60 - ≤ 80)
C= Menjadi pendengar yang baik 3 = baik (> 80 - ≤ 90)
D= Komunikasi 4 = sangat baik (> 90 -
≤ 100)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar